BERITA

Dahlan Iskan Ungkap Rencana Bangun Koridor Laut
Monday, 16 Juli 2012,  00:00:00

PEKANBARU - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkap rencana pembangunan koridor laut high way. Koridor laut high way ialah merangkai  pelabuhan laut dari barat ke timur, yakni mulai Pelabuhan Belawan, Batam, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Makassar, hingga

Sorong.

"Semua pelabuhan itu harus dibikin mampu menjadi tempat pendaratan kapal dengan

3.000 kontainer," ujar Dahlan dalam Seminar Peran Pers dalam Mendorong Pertumbuhan

Ekonomi di Pekanbaru, Riau, Jumat (13/7).

Saat ini, menurut Dahlan, pelabuhan-pelabuhan itu hanya bisa menjadi tempat

pendaratan kapal bermuatan antara 700 sampai 1.200 kontainer. Bahkan, kata Dahlan,

Sorong belum memiliki pelabuhan kontainer.

Dahlan berharap jika koridor laut telah terbangun dan terangkai, ongkos angkut menjadi lebih murah. Saat ini ongkos angkut satu kontainer Rp12 juta. Dengan adanya koridor laut itu, ongkos angkut bisa ditekan menjadi antara Rp6 juta sampai Rp8 juta.

"Selisih itu yang kita pakai membangun koridor laut. Jadi tidak perlu pakai dana pemerintah. Kalau pakai dana negara ruwet nanti," papar Dahlan.

Menurut Dahlan, yang membangun adalah Pelindo I-IV. Unit kontainer di pelabuhan-pelabuhan tadi akan disatukan menjadi satu perusahaan dengan pemilik saham Pelindo I sampai IV.

Dahlan juga berharap koridor laut bakal menjadikan Indonesia negara yang berjaya di

Asia Tenggara di bidang perdagangan.

Saat ini ekonomi Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara. Namun, dalam perdagangan dengan China, Amerika, dan Eropa, Indonesia menduduki posisi keempat di antara negara-negara Asean.

"Dengan koridor laut high way perdagangan kita akan menjadi nomor satu di Asia Tenggara. Dan koridor laut dari Barat ke Timur menjadikan pelabuhan kontainer Indonesia yang terbesar keempat di dunia," ujar Dahlan.

Source : MediaIndonesia.Com

   back